Hazard Biologis dan Kimiawi serta Pengendaliannya

  Hazard Biologis dan Kimiawi serta Pengendaliannya


Kesehatan kerja sama pentingnya dengan keselamatan kerja tetapi umumnya kurang diperhatikan oleh manajer. Setiap tahun terjadi peningkatan dua kali lebih banyak orang yang menderita sakit yang disebabkan oleh tempat kerja daripada menderita luka di tempat kerja. Meskipun penyakit ini biasanya tidak membunuh, namun menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit yang lama. Seperti penyakit pernapasan, masalah pendengaran, asma dan sakit punggung. Bekerja di bidang kesehatan kerja telah berlangsung selama empat abad terakhir dan mungkin lebih lama. Diakrenakan adanya kesulitan dalam mencari hubungan sebab (efek buruk kesehatan) dengan akibat (penyebab tempat kerja). Banyak penyakit yang penyebabnya di tempat kerja tetapi juga berpeluang lain.Kesehatan kerja, tidak seperti keselamatan kerja, umumnya lebih fokus pada probabilitas daripada kepastian. Bahaya yang berkaitan dengan dampak kesehatan akibat zat kimia dan biologi akan dijelaskan pada tayangan berikut ini.

Untuk menangani potensi bahaya (hazard) akibat zat kimia dan biologi diperlukan penanganan khusus. Control of Substances Hazardous to Health Regulations (Aturan COSHH) merupakan instrumen yang diakui secara internasional untu mengurangi hazard yang dapat muncul akibat zat tertentu kepada pekerja. Untuk menjalankan aturan tersebut diperlukan metode penilaian terhadap hazard yang dapat muncul di tempat kerja untuk dilakukan pengendalian terhadap potensi bahaya yang ada. Ada beberapa metode pengendalian seperti pengendalian teknis, pengendalian manajemen, dan lain-lain. Selengkapnya coba simak tayangan berikut.

 


Selain dengan beberapa pengendalian terhadap potensi bahaya yang sudah dijelaskan pada tayangan di atas, terdapat aturan-aturan khusus untuk penanganan zat kimia maupun biologi. Seperti penanganan hazard  kimia dan biologis untuk masing-masing individu, penanganan hazard kimia dan biologis untuk kondisi lingkuangan tertentu, aturan transportasi pengangkutan zat yang mengandung hazard kimia dan biologis, dan sebagainya. Terdapat pula aturan yang dikeluarkan oleh NEBOSH (The National Examination Board in Occupational Safety and Health), yang merupakan lembaga independen yang memberikan sertifikasi dalam bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Lingkungan serta pengendalian risiko. Selengkapnya, simak tayangan berikut ini.



Terimakasih sudah menyimak tayangan kami. Semoga ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Komunikasi, Operasi Serta Evaluasi dan Perbaikan Sistem Manajemen K3

Dokumentasi Sistem Manajemen K3 dan Manajemen Risiko