Pergerakan Manusia dan Kendaraan - Bahaya dan Kontrol

(Pergerakan Manusia dan Kendaraan - Bahaya dan Kontrol)

Orang-orang paling sering mengalami kecelakaan saat mereka berjalan di sekitar tempat kerja atau ketika mereka mengalami kontak  dengan kendaraan di dalam atau di sekitar tempat kerja. Oleh karena itu penting untuk memahami berbagai penyebab kecelakaan yang biasa terjadi, melakukan kontrol strategi, agar kecelakaan tersebut dapat dikurangi.





Bahaya Bagi Pejalan Kaki
Bahaya yang paling umum untuk pejalan kaki di tempat kerja adalah tergelincir, tersandung, jatuh dari ketinggian, tabrakan dengan kendaraan yang bergerak, serangan benda bergerak dan serangan benda tetap.


Bahaya dalam Pengoperasian Kendaraan
Sekitar 70 orang tewas setiap tahun setelah kecelakaan kendaraan di tempat kerja. Ada juga lebih dari 1000 kecelakaan besar (melibatkan patah tulang serius, cedera kepala dan amputasi) yang disebabkan oleh:
  • tabrakan antara pejalan kaki dan kendaraan
  • orang jatuh dari kendaraan
  • orang terkena benda jatuh dari kendaraan
  • orang terkena oleh kendaraan yang terbalik
  • masalah komunikasi antara pengemudi kendaraan dan karyawan atau anggota masyarakat, dll.
Penyebab utama dari kecelakaan ini adalah kurangnya pelatihan pengemudi yang kompeten dan terdokumentasi.
Ada beberapa situasi berbahaya yang lebih umum lainnya yang melibatkan pejalan kaki dan kendaraan. Ini termasuk yang berikut:
  • permukaan jalan yang buruk atau permukaan jalan yang buruk
  • jalan raya terlalu sempit dengan area parkir aman yang tidak memadai
  • jalan raya ditandai dengan buruk dan tanda-tanda yang tidak pantas atau tidak biasa digunakan
  • terlalu sedikit titik penyeberangan pejalan kaki
  • non-pemisahan pejalan kaki dan kendaraan
Setiap strategi kontrol yang melibatkan operasi kendaraan akan melibatkan penilaian risiko untuk memastikan di mana, di jalur lalu lintas, kecelakaan paling mungkin terjadi. Penting bahwa penilaian risiko memeriksa rute lalu lintas internal dan eksternal, terutama ketika barang dimuat dan diturunkan dari lori.
Pergerakan kendaraan harus dikelola dengan baik, seperti juga perawatan kendaraan dan pelatihan pengemudi. Pengembangan kode praktik yang disetujui untuk driver, yang semua pengemudi harus mendaftar, dan penegakan aturan situs yang mencakup semua gerakan kendaraan sangat penting untuk manajemen kendaraan yang efektif.
Manfaat mengelola keselamatan jalan yang berhubungan dengan pekerjaan bisa sangat besar, tidak peduli apa ukuran organisasi. Beberapa manfaat di berbagai bidang:
  • kontrol: dapat mengendalikan biaya bahan bakar, premi asuransi dan klaim.
  • pelatihan pengemudi dan pembelian kendaraan: keputusan berdasarkan informasi yang lebih baik dapat dibuat
  • waktu yang hilang: lebih sedikit hari akan hilang karena cedera, kesehatan yang buruk dan penjadwalan ulang pekerjaan
  • kendaraan: lebih sedikit perlu untuk keluar jalan untuk diperbaiki
  • pesanan: lebih sedikit pesanan akan terlewatkan
  • karyawan kunci: ada kemungkinan pengurangan larangan mengemudi.

Penilaian risiko harus:
  • Mempertimbangkan penggunaan transportasi udara atau kereta api sebagai alternatif parsial untuk mengemudi
  • Berusaha menghindari situasi di mana karyawan merasa tertekan
  • Memastikan pekerjaan perawatan diatur untuk mengurangi risiko kegagalan kendaraan
  • Bersikeras bahwa pengemudi dan penumpang dilindungi secara memadai jika terjadi insiden. 
  • Memastikan bahwa kebijakan perusahaan mencakup aspek-aspek penting dari Kode Highway.

Pertimbangan yang dapat digunakan untuk memeriksa manajemen keselamatan jalan terkait pekerjaan.
  • Supir : kompetensi, latihan, kebugaran dan kesehatan
  • Kendaraan : kesesuaian, kondisi dan peralatan keamanan, pertimbangan ergonomis dan muatan
  • Perjalanan : rute, penjadwalan, waktu, jarak dan cuaca

Berikut adalah materi selengkapnya mengenai materi dalam bentuk video :

Part 1

Part 2

Part 3




Comments

Popular posts from this blog

Hazard Biologis dan Kimiawi serta Pengendaliannya

Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Komunikasi, Operasi Serta Evaluasi dan Perbaikan Sistem Manajemen K3

Dokumentasi Sistem Manajemen K3 dan Manajemen Risiko